Selamat Datang - Wellcome

Jika POLRI melawan Presiden Sama Saja Melupakan Sejarah

SUARA KAMI - Tulisan "Jika POLRI melawan Presiden Sama Saja Melupakan Sejarah" merupakan Catatan Mas Toni di Halaman Facebook yang dia kelola. Mungkin Barang kali bila Anda ingin berkunjung, silahkan kunjungi saja Halaman Facebook Catetan MAZ TONI Aka Tante Paku. Inilah salah satu catatan beliau.

Jika POLRI melawan Presiden Sama Saja Melupakan Sejarah
Facebook
Ilustrasi

Jika POLRI melawan Presiden Sama Saja Melupakan Sejarah

Polisi berasal politie (Latin, politia; Yunani, polis, politeia) bermakna warga kota atau pemerintahan kota. Di masa lalu, pada dunia Helenis, Polis, merupakan negara kota yang otonom dan mandiri, tapi biasanya tergabung dengan aliansi (bersama) polis lainnya, sehingga terbentuk atau membentuk semacam Kerajaan.

Karena semakin kompleksnya sikon hidup dan kehidupan Polis, maka pemerintahan polis memerlukan orang-orang tertentu untuk menjaga keamanan masyarakat (dan mereka bukan tentara); oleh sebab itu dipilih dari antara penduduk. Mereka harus mengikuti kemauan - kehendak (policy, bahkan perintah pemerintah kota) untuk menjaga dan melayani masyarakat.

Sehingga jika ada tindak kekerasan - kriminal dan lain sebagainya, masyarakat tak perlu melapor ke istana, tetapi cukup datang ke/pada petugas-petugas keamanan tersebut. Dan jika para petugas tersebut tiba di/pada tkp, masyarakat (akan) berkata, "polis sudah ada atau polis sudah datang," dan lain sebagainya.

Dalam arti, petugas-petugas tersebut mewakili dan bertindak atas nama pemerintah kota/polis dalam/ketika menyelesaikan masalah. Dalam kerangka itu, polisi merupakan petugas yang mewakili pemerintah untuk menciptakan rasa aman, tenteram, damai, serta ketertiban, dan lain sebagainya kepada rakyat. Sehingga, kehadiran dan sebutan untuk dan kehadiran para petugas polis tersebut, disamakan dengan kehadiran pemerintah yang menenangkan rakyat.

Lama kelamaan, mungkin pada abad pertengahan di Eropa, ketika pamor negara kota sudah tak ada, dan berganti dengan kerajaan, penyebutan policy-polis masih tetap dipergunakan; serta fungsinya sama seperti masa-masa sebelumnya; policy - polisi, sebagai orang diangkat dan mewakili pemerintah untuk memberikan ketenteraman kepada warga atau rakyat.

Salam NKRI Raya!

Penulis : Opa Jappy

Sumber: Halaman Facebook Catetan MAZ TONI Aka Tante Paku

0 Response to "Jika POLRI melawan Presiden Sama Saja Melupakan Sejarah"